World Wide Web lahir, website pertama kali

Sebarkan :

World Wide Web lahir, website pertama kali di CERN 25 tahun yang lalu

Pada Maret 1989 Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, mengajukan proposal untuk mengembangkan cara baru yang radikal menghubungkan dan berbagi informasi melalui internet. Dokumen itu berjudul Information Management: A Proposal , dan saat itu website di lahirkan.

Pada atikel berjudul first website at CERN < inilah link website pertama kali di dunia didedikasikan untuk proyek World Wide Web sendiri. Terakhir April CERN memulai proyek untuk mengembalikan situs web pertama,dan untuk membawa kembali semangat saat itu melalui inovasi teknis dan prinsip-prinsip pendiri keterbukaan dan kebebasan.

Pada tahun 1993 CERN menempatkan Dunia software Wide Web dalam domain publik.CERN membuat rilis berikutnya tersedia dengan lisensi open, sebagai cara yang lebih pasti untuk memaksimalkan penyebarannya. Melalui tindakan ini, membuat perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan server web yang tersedia secara bebas, bersama dengan browser dasar dan perpustakaan kode, web diizinkan untuk berkembang.

“Peran luar CERN dalam membantu kita memahami alam semesta, itu adalah tempat yang bagus untuk bekerja pada tahun 1989,” kata Tim Berners-Lee. “CERN adalah adopter awal protokol Internet, dan dukungan mereka untuk-Royalty Free Web telah menjadi kunci untuk adopsi luas hari ini.”

Baca juga:   Google telah menggantikan Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia

Sekarang Tim Berners-Lee, World Wide Web Consortium (link eksternal)(W3C) dan Dunia Yayasan Wide Web (link eksternal) meluncurkan serangkaian inisiatif (link eksternal) untuk menandai ulang tahun ke 25 dari proposal awal .

Selain itu, Berners-Lee dan Yayasan Web meluncurkan “The web yang kita inginkan” kampanye untuk mempromosikan dialog global dan perubahan kebijakan publik untuk memastikan bahwa web tetap terbuka, bebas, menengah diakses – sehingga semua orang di planet ini dapat berpartisipasi dalam aliran bebas pengetahuan, ide dan kreativitas online.

 

Refensi artikel dibawah ini:

Minimising the muddle– Peggie Rimmer, Tim Berners-Lee’s supervisor from 1984 to 1990

Good old Bitnet, and the rise of the World Wide Web– Richard Jacobsson, senior physicist on the LHCb experiment

On the open internet and the free web– David Foster, deputy head of CERN’s IT department

Not at all vague and much more than exciting– Maria Dimou, CERN computer scientist and early web contributor 

Leave a Reply

Your email address will not be published.