Di Indonesia 4G belum semua pakai, teknologi 5G Siap Mendarat?

Sebarkan :

Teknologi komunikasi yang bisa mentransfer data lebih cepat terus menerus dikembangkan. Setelah 4G LTE (long term evolution) banyak dipakai di dunia, kabarnya peneliti mulai berencana mengembangkan generasi berikutnya, 5G.

Rencana pengembangan 5G itu muncul dari pencetus teknologi 4G LTE, NTT DoCoMo. Operator asal Jepang itu disebutkan telah menggandeng Nokia Solution Network (NSN) untuk mengembangkan 5G.

Salah satu perusahaan teknologi penyedia jaringan telekomunikasi, Ericsson mengaku bahwa saat ini 5G masih sebatas wacana. Perusahaan asal Swedia itu juga mengatakan bahwa pengembangan 5G masih perlu waktu yang cukup panjang.

Di kutib Liputan6, “Pengembangannya masih cukup panjang untuk 5G. Optimalisasi 4G saja kan belum optimal, Indonesia salah satu negara yang masih belum pakai 4G menyeluruh,” ungkap Hardyana Syintawati, VP Marketing Communication Ericsson Indonesia yang ditemui di kampus Indonesia International Institute for Life Science (I3L), Jakarta.

Baca juga:   Tagihan ponsel bisa lebih mahal, ini mengapa?

Ia juga menuturkan prediksinya soal 5G tersebut dikarenakan masih belum ada standar yang ditetapkan terkait teknologi komunikasi mendatang.

“5G belum ada standarnya kan, jadi bagaimana patokan pengembangannya?” celetuk Hardyana lagi.

Akan tetapi, wanita yang akrab disapa Nana itu mengaku perusahaannya selalu aktif ikut andil dalam pengembangan teknologi komunikasi terbaru.

“Ericsson pasti aktif kalau soal riset dan pengembangan. Kita tunggu saja perkembangannya dulu, tapi saya rasa industri akan mengoptimalkan teknologi 4G dulu yang masih belum semua pakai,” tandas Nana.

Komentar Anda: