Kisah nyata di balik sejarah nama Google yang lucu: BackRub

Sebarkan :
  • 7
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin penggemar permainan kata, dan mereka melihat memiliki sesuatu untuk nama-nama perusahaan yang keduanya lucu dan belum signifikan pada saat yang sama.

Contoh sempurna dari hal ini adalah ketika Google meluncurkan struktur operasi barunya, Alphabet, awal musim panas itu.

“Kami menyukai nama Alphabet karena itu berarti kumpulan huruf yang mewakili bahasa, salah satu inovasi terpenting bagi manusia, dan merupakan inti dari cara kami mengindeks dengan pencarian Google! yang kami sukai, berarti alpha-bet (Alpha adalah hasil investasi di atas tolak ukur), yang kami perjuangkan! ”

Tapi ini jelas bukan kali pertama mereka bereksperimen dengan bahasa. Kembali pada tahun 1996, sebelum Google bahkan ada sebagai entitas, Page dan Brin sudah membuat nama-nama kutu buku untuk mesin pencari.

Menurut Stanford David Koller , dan situs web Google sendiri , Page dan Brin 1996 masuk ke dunia mesin pencari awalnya disebut “BackRub.” Ya, BackRub.

sejarah nama googleMereka menyebutnya karena program menganalisis website “back link” untuk memahami betapa pentingnya sebuah situs web, dan situs lain yang terkait dengannya. BackRub dioperasikan di server Stanford hingga akhirnya mengambil terlalu banyak bandwidth.

Baca juga:   5 Tips Pengamanan Menggunakan Smartphone

Tetapi pada tahun 1997, Page tampaknya telah memutuskan bahwa nama BackRub tidak cukup baik. Menurut Koller , Page dan pejabat kerjanya di Stanford mulai membuat nama yang berbeda untuk teknologi mesin pencari, nama-nama yang akan membangkitkan berapa banyak data yang mereka indeks.

Nama “Google” sebenarnya berasal dari seorang mahasiswa pascasarjana di Stanford bernama Sean Anderson, Koller menulis . Anderson menyarankan kata “googolplex” selama sesi brainstorming, dan Page membalas dengan “googol” yang lebih pendek. Googol adalah digit 1 diikuti oleh 100 nol, sedangkan googolplex adalah 1 diikuti oleh nol googol.

Anderson memeriksa untuk melihat apakah nama domain itu diambil, tetapi tidak sengaja mencari “google.com” daripada “googol.com.” Halaman lebih menyukai nama itu, dan mendaftarkan nama domain untuk Brin dan dirinya sendiri pada 15 September 1997.

Dari BackRub ke Google hingga Alphabet – membuat Anda bertanya-tanya apa selanjutnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.